- Back to Home »
- News , Technology »
- Saingi Twitch, YouTube Luncurkan Aplikasi YouTube Gaming
Aplikasi game
ini merupakan gabungan antara media sosial, olah raga online dan juga
saluran live streaming. Pihak YouTube mengungkap nantinya para gamer bisa mengakses game lewat YouTube dan bahkan mengajak para gamer lainnya untuk menonton dan sharing permainan secara real time.
Kehadiran YouTube Gaming ditargetkan bagi para gamer yang merangkap pengguna Internet yang sudah lebih dulu mengakses situs permainan online. Lewat aplikasi ini, YouTube pun sudah menyediakan lebih dari 25 ribu game.
Google sebagai kreator YouTube memaparkan harapannya bahwa aplikasi ini bisa memperkaya pengalaman gamer ketika bermain game. "Anda bisa menemui lebih bayak hal dan konten yang lebih spesifik," ucap Manajer Produk YouTube, Alan Joyce, seperti dilansir Ars Technica, Selasa (16/6/2015).
YouTube mengklaim, kecepatan akses YouTube Gaming mencapai 60 fps (frame per second).
Bahkan, terdapat pengaturan otomatis yang dimana dapat mengkonversikan
gambar dari format video di YouTube. Aplikasi ini juga menyediakan link yang langsung terhubung dengan konten.
Kolom pencarian pun disesuaikan dengan judul game. Contohnya, jika pengguna mengetikkan kata kunci "call",
yang akan muncul adalah game Call of Duty. "Jika memasukkan kata kunci
yang sama di YouTube, ada kemungkinan yang muncul adalah klip video Call
Me Maybe," tambah Joyce.
YouTube Gaming juga dapat diakses di
perangkat berbasis sistem operasi Android dan iOS. Untuk sementara,
layanan ini baru dapat dijumpai pengguna Internet di Amerika Serikat dan
Inggris.
Google mengungkap bahwa hadirnya aplikasi ini juga bisa menjadi salah satu strategi untuk menyaingi Amazon yang menghadirkan platform video game bernama Twitch. Seperti yang diketahui, Twitch mampu menarik lebih dari 55 juta pengunjung per bulannya.
Pada
2014, Google sempat berencana untuk menggandeng Twitch. Sayangnya,
Twitch menolak tawaran tersebut lantaran sudah berada di bawah naungan
Amazon. Amazon memang tengah getol menggarap digital media. e-Commerce
ini bahkan menggelontorkan dana senilai US$ 1 miliar atau sekitar Rp
13,3 triliun untuk memacu perkembangan konten digital.
Ditulis Oleh : Unknown
